Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Alibaba & Softbank Rp16 M

0
379

Prestasi kembali ditorehkan oleh perusahan teknologi Tokopedia. Di saat perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana investasi dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group.Tidak tanggung-tanggung, nilai investasi itu mencapai USD$1,1 miliar atau setara Rp15,95 triliun.

Kendati pendanaan itu dipimpin oleh Softbank Vision Fund dan Alibaba Group, namun turut ada partisipasi dari Softbank Ventures dan investor lainnya.

Melalui keterangan tertulisnya, Tokped berencana menggunakan dana tersebut untuk investasi dalam bidang teknologi dan infrastruktur di Indonesia.

Lalu, apa visi dari pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya dalam usia ke-10 perusahaan itu melalui pendanaan ini?

1. Di tahun ke-10, Tokopedia akan fokus mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure as a service

Keren! Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Alibaba & Softbank Rp16 M

CEO Tokped, William Tanuwijaya mengatakan dalam sembilan tahun pertama, perusahaannya fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline.

2. Alasan Softbank berinvestasi ke Tokopedia

Keren! Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Alibaba & Softbank Rp16 M

Sementara, senior investor SoftBank Invesment Advisers dan anggota Dewan Tokopedia mengungkapkan perusahaan itu telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya.

3. Alibaba ingin memberdayakan UMKM di Indonesia

Keren! Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Alibaba & Softbank Rp16 M

Sementara, Head of Investment Southeast Asia and India di Alibaba Group, Kenny Ho, mengatakan perusahaan tempatnya bekerja ingin memberdayakan UMKM dan percepatan pembangunan di Indonesia.

4. Tokopedia berhasil menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru

Keren! Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Alibaba & Softbank Rp16 M

Dalam perkembangan perusahaannya, Tokopedia berhasil menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru. Dilihat dari statistik pada tahun 2016 lalu, websitenya sudah dikunjungi oleh 1,3 miliar kali.

Pertumbuhan itu secara nyata tidak hanya dirasakan oleh tiap penjual dan pembeli yang ada. Namun, Tokped pun turut memberi kontribusi ratusan miliar rupiah per bulan untuk industri logistik dalam negeri.

Bahkan banyak warga Indonesia yang memulai kariernya sebagai pengusaha dengan menggunakan platform ini. Pada 2016 lalu, totalnya mencapai 1 juta warga.

Install dan download aplikasi kumparan dan dapatkan berita terkini Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here