4 Tips Menyusui Bagi Pemilik Payudara Kecil agar ASI Berlimpah

0
96
ASI
ASI terlengkap di kumparan.com

Merasa enggak percaya diri dengan ukuran payudara saat menyusui si kecil, Bun? Hmm, segera jauhkan perasaan tersebut deh, Bun. Sebab, payudara kecil bisa menghasilkan ASI yang melimpah lho.

Seperti penjelasan pakar laktasi, Dr Anita Sharma yang mengatakan bahwa ukuran payudara tidak memengaruhi produksi ASI seseorang. Ini disebabkan karena payudara terbuat dari jaringan lemak, yang menentukan ukuran dan membantu mempertahankan bentuk payudara.

“Ukuran payudara tentunya akan bergantung pada jumlah jaringan lemak. Dan, kelenjar susu yang ada di tubuh setiap wanita yang menghasilkan susu. Tidak peduli seberapa ukuran payudara Bunda, kelenjar susu akan menghasilkan susu sebanyak yang diperlukan,”katanya seperti dikutip dari The Health Site.

Lebih lanjut Sharma mengatakan, selama tidak memiliki masalah lain seperti puting yang masuk ke dalam, atau masalah lainnya, Bunda dapat dengan mudah menyusui dengan cukup selama yang bayi butuhkan.

Sedangkan menurut ulasan Standardmedia, beberapa cara juga bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI bagi Bunda yang memiliki payudara kecil. Berikut ini beberapa trik yang bisa Bunda terapkan ya:

1.Menyusui dari kedua payudara setiap waktu

Meskipun ukuran payudara tidak memengaruhi produksi ASI seseorang, memberi makan bayi dari kedua payudara setiap menyusui dapat memastikan mereka mendapatkan cukup ASI. Jadi, pastikan bayi Bunda menyusu dari kedua payudara ya, Bun.

2.Menyusui secara teratur

Setidaknya, menyusui 8-12 kali sehari untuk memastikan bayi Bunda cukup makan dan nutrisi dengan baik. Susuilah si kecil setiap 2-3 jam sekali. Pastikan untuk memberi makan dengan baik agar si kecil mendapatkan nutrisi dari apa yang ia makan.

3.Pastikan memegang bayi dengan benar

Posisi memegang bayi yang benar, dapat menjadi kunci penting keberhasilan menyusui. Pastikan si kecil mendapatkan posisi pelekatan yang tepat saat mengisap payudara sehingga ASI dapat keluar dengan maksimal.

4.Pemeriksaan rutin

Untuk memastikan si kecil mendapatkan cukup ASI, kunjungi dokter secara teratur untuk memantau pertumbuhan bayi. Peningkatan berat yang stabil menjadi pertanda baik untuk tumbuh kembangnya, Bun.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Luna Maya, Syahrini, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASTiket PesawatOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here