Berita Terupdate: 5 Peristiwa Kecelakaan Pesawat di Dunia yang Jatuh di Perairan

0
19

Berita terupdate terkait jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang dipastikan jatuh di sekitar perairan dekat Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Insiden tersebut mengingatkan kembali pada kecelakaan pesawat komersial yang jatuh ke laut dan menjadi sorotan global. Bahkan, banyak keluarga penumpang harus merelakan kepergian anggotanya karena bangkai pesawat tak dapat ditemukan.

Berikut peristiwa kecelakaan pesawat yang jatuh atau mendarat di perairan, seperti laut dan sungai, selama 10 tahun terakhir:

Air Niugini mendarat di laguna

Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Air Niugini mendarat di laguna Weno, Mikronesia, pada 28 September 2018. Pesawat mendarat hingga menyentuh laguna, sekitar 160 meter dari landasan pacu. Awalnya, seluruh penumpang dan kru dilaporkan selamat. Namun selanjutnya, seorang penumpang ditemukan tewas di dalam pesawat yang terendam air tersebut.

AirAsia hilang di Laut Jawa

Indonesia berduka secara mendalam atas insiden hilangnya AirAsia QZ8501 yang terbang dari Surabaya menuju Singapura pada 28 Desember 2014. Pilot mengirimkan izin lewat radio untuk belok akibat cuaca buruk, bamun tidak ada peringatan mayday yang dikeluarkan. Ada 162 penumpang dan awak pesawat dalam penerbangan tersebut.

Malaysia Airlines MH370

Hilangnya Malaysia Airlines MH370 pada 8 Maret 2014 menjadikan upaya pencarian terbesar dan termahal dalam sejarah penerbangan. Pesawat itu hilang selama penerbangan dari Kuala Lumpu ke Beijing. Meski sudah mengerahkan upaya besar, terutama di Samudra Hindia Selatan, pesawat tidak ditemukan sampai Juli 2015. Bagian sayap pesawat ditemukan terdampar di Pulau Reunion. Otoritas Perancis mengonfirmasi, puing tersebut berasal dari MH370.

Keajaiban di Hudson

Dengan ketenangan dan keterampilannya, Kapten pesawat Chesley B “Sully” Sullenberger mendaratkan pesawat berpenumpang 155 orang dan awak pesawat dengan selamat di Sungai Hudson, New York. Para penumpang pesawat US Airways nomor penerbangan 1549 tujuan Charlotte, North Carolina, itu merasakan bagaimana mesin pesawat Airbus A-320 tiba-tiba mati, lima menit setelah lepas landas dari Bandara La Guardia, New York, Kamis pukul 15.03. Mesin pesawat diduga mati setelah pesawat menabrak sekawanan burung. “Keajaiban di Hudson” itu telah diadopsi ke layar lebar dalam film berjudul Sully.

Maskapai Yaman jatuh di Samudra Hindia

Pada 30 Oktober 2009, maskapai Yemenia dengan nomor penerbangan 626 terbang dari Sana’a menuju Moroni, Comoron.

Pesawat jatuh di Samudra Hindia saat akan mencapai Bandara Internasional Prince Said Ibrahim, menyebabkan hampir seluruh penumpang dan kru yang berjumlah 153 orang. Satu-satunya penumpang selamat adalah Bahia Bakara, yang kala itu berusia 14 tahun. Dia ditemukan berpegangan pada puing-puing pesawat, setelah berada di lautan selama 13 jam.

Simak berita terupdate lainnya terkait news, entertainment, bisnis dan bola!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here