Debat Pilpres Ada 6 Segmen, 2 di Antaranya Pertanyaan Tertutup

0
213

Ketua KPU RI Arief Budiman bersama perwakilan capres-cawapres telah menyepakati teknis debat pilpres perdana pada Kamis 17 Januari mendatang. Perwakilan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin dihadiri oleh Aria Bima sementara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi diwakili oleh Priyo Budi Santoso.

“Yang paling penting kita sudah menuntaskan rundown debat,” kata Arief di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1)

Arief melanjutkan, debat pilpres nanti akan berisi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga, paslon akan menjawab pertanyaan dari para pakar atau panelis.

Pada segmen keempat dan kelima debat, masing-masing kandidat akan menjawab pertanyaan yang diajukan lawan masing-masing. Dan terakhir, segmen keenam, masing-masing paslon akan memberikan closing statement.

Namun demikian, dalam enam segmen itu, akan ada dua segmen yang berisi pertanyaan tertutup. Masing-masing paslon tidak tahu apa yang akan ditanyakan dan akan saling menanggapi.

Dari 6 segmen, kita berimbang. 2 segmen menjawab pertanyaan yang sudah kita sampaikan kisi-kisinya. Tapi 2 segmen juga menjawab tertutup,

– Ketua KPU Arief Budiman-

Tak hanya itu, KPU dan timses kedua paslon juga telah menyepakati bahwa setelah debat pilpres akan dilakukan konferensi pers dari paslon bersama timses masing-masing. Konferensi pers ini diharapkan menjadi bukti bahwa pemilu berjalan damai.

“Kami ingin membangun kultur baru bahwa pemilu ini bisa dilakukan kompetisinya dan selalu bersama-sama dengan bergandengan tangan termasuk konpersnya ada perwakilan 01 dan 02,” pungkas Arief.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap seputar bola/sports.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here