Pertanyaan Debat Capres 2019 Sengaja Dibocorkan

0
177

Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dianggap takut menghadapi debat capres 2019. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pertanyaan atau kisi-kisi debat dibocorkan kepada capres-cawapres sebelum debat.

Detailnya, 5 orang panelis –yang namanya disepakati kedua timses–, menyiapkan total 30 pertanyaan untuk debat perdana bertema ‘hukum, HAM, korupsi dan terorisme’. Pertanyaan itu akan dicek KPU untuk disusun redaksinya yang pas.

Di forum debat capres, 30 pertanyaan akan disimpan di tempat semacam kotak kaca. Lalu masing-masing kandidat memilih 1 di antara 30 kertas pertanyaan tergulung itu dan menyerahkannya kepada moderator untuk dibacakan pertanyaannya.

Tentu, apapun pertanyaannya, capres-cawapres sudah tahu dan sangat siap menjawab lengkap dengan data. Kan sudah tahu pertanyannya sejak awal.

Jadwal Debat Capres 2019. (Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan )

Ada banyak alasan timses dan KPU sengaja membocorkan pertanyaan. Di antaranya karena ada kecurigaan pertanyaan debat Pilpres 2014 bocor ke kandidat, meski ini tak terbukti. Alasan lain, debat substansinya adalah ajang paparan visi misi, bukan saling serang. Jadi, masyarakat mesti dapat gagasan para kandidat ketimbang gimmick-nya.

Namun, Perludem mengkritik format ini karena menyebutkan temanya saja sudah bocoran, apalagi pertanyaan. Pengamat politik UIN Adi Prayitno lebih keras menyebut Pilpres tak menarik karena bahkan debat pun sudah didesain.

“Pilpres ini paling aneh. Dua kandidat saling serang, tawuran, tapi menghadapi debat enggak maksimal. Ini enggak ada yang spesial, enggak ada suprise,” kritik Adi Prayitno, Selasa (8/1).

Apa yang ditunggu? Semua sudah by design, semua disiapkan, dan sudah bisa diprediksi jawabannya bagus-bagus.

– Adi Prayitno

Debat capres perdana itu akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Kamis (17/1). Debat ditayangkan langsung di TVRI, Kompas TV, RRI, dan RTV. Setelah itu masih ada 4 debat lain hingga pemungutan suara 17 April 2019.

Pertanyaan Debat Pilpres Dibocorin (Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan)

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap seputar news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here