Anies Baswedan Launching Aplikasi Uji Emisi Berbasis Android

0
44
Anies Baswedan terlengkap di kumparan.com
Anies Baswedan terlengkap di kumparan.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan aplikasi bernama e-uji emisi yang memungkinkan masyarakat mengecek status emisi kendaraan secara daring. Data aplikasi berbasis android itu terintegrasi dengan sejumlah data kendaraan yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Jadi, ketika pengguna kendaraan bermotor datang ke tempat parkir, pada saat itu pelat nomornya dimasukkan lalu dia belum lolos uji emisi, maka harga parkirnya menjadi lebih mahal,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.

Pemilik kendaraan yang tak lolos uji emisi akan kesulitan membayar dan memperpanjang pajak kendaraannya. Anies Baswedan berharap langkah ini dapat meningkatkan kualitas udara Jakarta.

“Kita sama-sama seluruh warga memperbaiki kualitas emisi kendaraan bermotor. Pemerintah menyiapkan perangkat hukumnya, insentif disinsentifnya, dan harus kita kerjakan sama-sama,” ujar dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih menegaskan aplikasi ini menjadi komponen penting memperketat ketentuan uji emisi seluruh kendaraan yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Pengetatan uji emisi diinstruksikan gubernur melalui Ingub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

“Ke depan, seluruh kedaraan pribadi maupun angkutan umum yang beroperasi di wilayah Jakarta diwajibkan lulus uji emisi,” kata Andono.

Aplikasi e-Uji Emisi memiliki beragam fitur, di antaranya informasi singkat mengenai uji emisi, peraturan-peraturan terkait yang menjadi dasar hukum pelaksanaannya, dan lokasi bengkel pelaksana uji emisi terdekat. Selain itu, tersedia fasilitas pengecekan hasil uji emisi dengan cara memasukkan nomor polisi kendaraan.

Anies Baswedan mengetes aplikasi tersebut dan melakukan uji emisi terhadap kendaraan dinasnya. Mobil Toyota hitam milik mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun dinyatakan lulus uji emisi.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here