Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Diterapkan Mulai Hari Ini

0
35
Ganjil Genap terlengkap di www.kumparan.com
Ganjil Genap terlengkap di www.kumparan.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memberlakukan perluasan kawasan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap pada Senin (9/9).

Sebanyak 28 ruas jalan yang memiliki gerbang tol yang biasanya ramai dilewati kendaraan pun terkena imbas perluasan Ganjil Genap.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan sistem Ganjil Genap.

Aturan ini menjelaskan bahwa dalam Ganjil Genap yang baru ini terdapat 25 ruas jalan yang terkena aturan ganjil genap.

Ganjil genap sendiri akan berlaku mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Aturan ini tak berlaku pada hari Sabtu dan Minggu serta hari Libur Nasional.

Setelah sebelumnya sekadar sosialisasi, kebijakan itu kini resmi diterapkan dengan konsekuensi tilang bagi pelanggarnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kebijakan ganjil genap ini juga berimbas di 28 ruas jalan di sekitar gerbang tol.

Hari menyampaikan penerapan sistem ganjil genap di wilayah Jakbar berdampak pada berkurangnya kemacetan. Dia berharap situasi yang sama terjadi di kemudian hari.

“Dampaknya banyak, luar biasa. Kepadatan juga berkurang,” kata Hari.

Di sisi lain, Hari mengatakan masih ada masyarakat yang merasa tidak tahu adanya sosialisasi perluasan sistem ganjil genap. Namun Hari menepisnya dengan alasan sosialisasi serta rambu perluasan sistem ganjil-genap sudah dilakukannya jauh-jauh hari.

“Masyarakat ada yang merasa bahwa tidak pernah ada sosialisasi, terus kemudian tentang rambu yang katanya, ‘Ini dipasangnya kapan, Pak?’ Padahal sudah dipasang dari saat dilakukan sosialisasi,” ucap Hari.

Berita TerkiniJokowiPolriPolda Metro JayaTNIKebakaranKecelakaan Lalu LintasPembunuhanPemerkosaanPerampokanPenganiayaanBegalPelecehan SeksualKekerasan AnakGempaGanjil GenapAnies BaswedanJakartaTolPilkada Serentak 2020Ridwan KamilEdy RahmayadiGanjar PranowoKhofifah Indar ParawansaGempa BumiWisataPilkadaPilwakotPilkada 2020Pilpres 2024Kabinet Jokowi Jilid IIMunas GolkarAmandemen UUD 1945Pemilu AS 2020BrexitKPKOTT KPKAntam NovambarSetya NovantoCPNSPertaminaDolar ASRupiahLowongan KerjaHarga EmasSusi PudjiastutiSEA Games 2019Liga InggrisLiga ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsPSSICristiano RonaldoMohamed SalahLiga 1Timnas IndonesiaMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here