Rossi Heran Quartararo Bisa Ganggu Marquez di MotoGP San Marino

0
38
Valentino Rossi, MotoGP terlengkap di kumparan.com.
Valentino Rossi, MotoGP terlengkap di kumparan.com.

Valentino Rossi heran dengan kehebatan Fabio Quartararo, pebalap Petronas Yamaha Sepang yang mampu saingi Marc Marquez di MotoGP San Marino, Minggu (15/9/2019). Quartararo, 20 tahun, bahkan mampu memimpin 23 lap dari 27 lap yang dilombakan.

Hanya gara-gara kalah pengalaman, Quartararo harus menyerah dari Marquez di lap terakhir MotoGP San Marino. Dia kalah 0,9 detik dari Marquez dan merebut podium keempatnya musim ini.

Quartararo kini berada tepat di bawah Maverick Vinales dan Rossi di klasemen MotoGP. Padahal dia pakai motor Yamaha M1 spek terendah dengan kecepatan 500 rpm lebih rendah dari motor pabrikan.

Lalu bagaimana Quartararo bisa lebih unggul dari Rossi dan juga Vinales yang raih pole positions di MotoGP San Marino lalu?

“Dia lebih cepat dari Maverick, Franco dan saya yang bermasalah saat keluar tikungan. Kami seperti kurang mendapatkan grip saat akselerasi,” kata Rossi seperti dikutip crash.

“Mengapa? Mungkin karena kami lebih tinggi, saya tak tahu. Tapi kami harus temukan solusi agar bisa lebih kencang.”

Rossi mengatakan akar masalah yang membuatnya tertinggal dari Quartararo yaitu grip di ban belakang. Sejak terakhir kali podium pada april di Sirkuit Austin, Rossi selalu kalah dari pembalap belia ini.

Quartararo sudah rebut empat podium dan tiga kali pole positions.

“Sepanjang musim ini, kami bermasalah dengan grip di ban belakang. Utamanya kalau dibandingkan dengan Quartararo. Dia bisa akselerasi motor lebih baik dan mampu buka gas dengan grip lebih baik saat keluar tikungan,” ujar Rossi.

“Saat jeda balapan, kami memodifikasi keseimbangan motor dan sepertinya jadi lebih baik. Tapi itu tidak cukup karena akselerasi mash kurang.”

Sementara itu rekan satu tim Quartararo di Petronas Yamaha, Franco Morbidelli tahu apa yang menjadi keunggulan pembalap asal Prancis itu. Dia menilai pembalap berusia 20 tahun itu andal saat melahap tikungan epat.

“Anda bisa saingi pembalap Yamaha lainnya tapi cara membalap Fabio itu sangat bagus dan teliti, utamanya saat melahap tikungan cepat,” kata Morbidelli.

Berita TerkiniJokowiPolriPolda Metro JayaTNIKebakaranKecelakaan Lalu LintasPembunuhanPemerkosaanPerampokanPenganiayaanBegalPelecehan SeksualKekerasan AnakGempaGanjil GenapAnies BaswedanJakartaTolPilkada Serentak 2020Ridwan KamilEdy RahmayadiGanjar PranowoKhofifah Indar ParawansaGempa BumiWisataPilkadaPilwakotPilkada 2020Pilpres 2024Kabinet Jokowi Jilid IIMunas GolkarAmandemen UUD 1945Pemilu AS 2020BrexitKPKOTT KPKAntam NovambarSetya NovantoCPNSPertaminaDolar ASRupiahLowongan KerjaHarga EmasSusi PudjiastutiSEA Games 2019Liga InggrisLiga ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsPSSICristiano RonaldoMohamed SalahLiga 1Timnas IndonesiaMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here