Panitia SEA Games 2019 Kini Hanya Sediakan Makanan Halal

0
144
SEA Games 2019 terlengkap di www.kumparan.com
SEA Games 2019 terlengkap di www.kumparan.com

Panita Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (Phisgoc) telah melakukan pembenahan atas segala keluhan para kontingen. Phisgoc menjamin tak akan ada lagi permasalahan mengenai transportasi, akomodasi, hingga makanan. Bahkan, Phisgoc memutuskan hanya akan menyediakan makanan halal hingga perhelatan SEA Games ke-30 berakhir.

Kelalaian panitia SEA Games 2019 juga sempat dirasakan kontingen Indonesia, tak terkecuali timnas sepak bola Indonesia U-22. Sebelumnya, sempat diberitakan bahwa panitia tidak menyediakan air minum saat awal-awal timnas U-22 menjalani latihan di sana.

Kendati demikian, Pelatih timnas U-22 Indra Sjafri menilai, tidak ada masalah berarti terkait pelayanan Filipina terhadap timnya. “Kami bahkan tidur di hotel bintang empat. Makanan dan minum tercukupi,” kata Indra.

Ketua Phisgoc Ramon Suzara mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para chef de mission (CdM), beberapa hari lalu. Dalam pertemuan itu, CdM dari berbagai negara menyampaikan keluhan dan sarannya. “Kami telah menyelesaikan segala masalah yang dikeluhkan,” kata Suzara seperti dilansir laman Inquirer, Rabu (27/11).

Pelayanan Filipina sebagai tuan rumah dikeluhkan para peserta SEA Games. Salah satu yang disoroti adalah persoalan transportasi. Tak sedikit kontingen yang terlantar akibat bus penjemput kontingen telat datang ke bandara.

Menurut Suzara, kekurangan dan permasalahan merupakan hal yang kerap terjadi sebelum sebuah perhelatan olahraga resmi dimulai. “Sebelum acara pembukaan, ada banyak penyesuaian. Ini tidak hanya terjadi di sini, tapi juga di Singapura, Malaysia, dan Indonesia,” kata dia. SEA Games 2019 baru akan dibuka secara resmi pada Sabtu (30/11). Namun, saat ini sudah ada sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan.

Kepala Koki SEA Games 2019 Bruce Lim menegaskan, pihaknya hanya akan menyajikan makanan halal untuk semua kontingen. Kebijakan ini dilakukan mengingat adanya protes terkait ketersediaan makanan halal.

“Kami akan menyajikan makanan yang seluruhnya halal. Ini sebagai bukti bahwa kami peduli terhadap saudara-saudari Muslim,” kata Lim seperti dikutip laman Philippine Information Agency.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here